For The Best Future

Kamis, 24 Januari 2013

Geologi Regional Pegunungan Selatan


GEOLOGI REGIONAL
Yang dimaksud dengan Pegunungan Selatan adalah pegunungan yang terletak pada bagian selatan Jawa Tengah, mulai dari bagian tenggara dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, memanjang ke arah timur sepanjang pantai selatan Jawa Timur.
      Secara morfologis daerah Pegunungan Selatan merupakan pegunungan yang dapat dibedakan menjadi 3 satuan morfologi utama, yaitu:
  1. Satuan morfologi perbukitan berrelief sedang sampai kuat, yaitu daerah yang ditempati oleh batupasir dan breksi vulkanik dan batuan beku dari Formasi Semilir, Nglanggran atau Wuni dan Besole. Daerah ini terdapat mulai dari daerah sekitar Imogiri di bagian barat, memanjang ke utara hingga Prambanan, membelok ke timur (Pegunungan Baturagung) dan terus ke arah timur melewati Perbukitan Panggung, Plopoh, Kambengan hingga di kawasan yang terpotong oleh jalan raya antara Pacitan-Slahung.
  2. Satuan dataran tinggi terdapat di daerah Gading, Wonosari, Playen hingga Semanu. Daerah ini rata-rata berketinggian 400 m di atas muka laut, dengan topografi yang hampir rata dan pada umumnya ditempati oleh batugamping.
  3. Satuan perbukitan kerucut, meliputi daerah dari sebelah timur Parangtritis memanjang ke timur melewati daerah Baron, Sadang terus ke timur melewati Punung hingga ke daearh sekitar Pacitan. Daerah ini tersusun oleh bukit-bukit kecil maupun berbentuk kerucut, tersusun oleh batugamping klastik maupun jenis batugamping yang lain.
Diantara ketiga satuan morfologi tersebut diatas di sebelah selatan terdapat suatu dataran rendah luas, mulai Wonogiri di utara hingga Giritrontro-Pracimantoro di selatan. Dataran lini dikelilingi oleh unsur-unsur geologis Pegunungan Selatan, sedangkan bagian bawah dialasi oleh batugamping Formasi Kepek yang tertutup oleh endapan Kuarter. Dataran rendah ini disebut sebagai Depresi Wonogiri-Baturetno, yang saat ini sebagian besar merupakan daerah genangan Waduk Gajahmungkur.

II.2  Stratigrafi Regional
      Dari penyimpulan hasil peneliti terdahulu, secara garis besar stratigrafi daerah Pegunungan dapat dinyatakan dalam dua macam urutan. Yang pertama adalah stratigrafi bagian barat, yang pada dasarnya bersumber kepada hasil penelitian Bothe (1929). Sedangkan bagian timur, yang terletak di sebelah selatan dan tenggara depresi Wonogiri-Baturetno urutan stratigrafinya disusun oleh Sartono (1958).
II.2.1    Stratigrafi Pegunungan Selatan bagian barat
      Pegunungan Selatan bagian barat secara umum tersusun oleh batuan sedimen volkaniklastik dan batuan karbonat. Batuan volkaniklastiknya sebagian besar terbentuk oleh pengendapan gayaberat (gravity depositional processes) yang menghasilkan endapan kurang lebih setebal 4000 meter. Hampir seluruh batuan sedimen tersebut mempunyai kemiringan ke selatan. Urutan stratigrafi penyusun Pegunungan Selatan bagian barat dari tua ke muda adalah :
  1. Formasi Kebo-Butak
  2. Formasi Semilir
  3. Formasi Nglanggran
  4. Formasi Sambipitu
  5. Formasi Oyo-Wonosari
  6. Endapan Kuarter

            1.         Formasi Kebo-Butak
      Formasi ini secara umum terdiri dari konglomerat, batupasir dan batulempung yang menunjukkan kenampakan pengendapan arus turbid maupun pengendapan gaya berat yang lain. Di bagian bawah, yang oleh Bothe disebut sebagai Kebo beds tersusun atas perselang selingan antara batupasir, batulanau dan batulempung yang khas menunjukkan struktur turbidit, dengan perselingan batupasir konglomeratan yang mengandung klastika lempung. Bagian bawah ini diterobos oleh sill batuan beku.
      Bagian atas dari Formasi ini, yang disebut sebagai Anggota Butak, tersusun oleh perulangan batupasir konglomeratan yang bergradasi menjadi lempung atau lanau, ketebalan total dari Formasi iin kurang lebih 800 m. Urutan batuan yang membentuk Formasi Kebo-Butak ini ditafsirkan terbentuk pada lingkungan lower submarine fan dengan beberapa interupsi pengendapan tipe mid fan (Rahardjo, 1983), yang terbentuk pada akhir Oligosen (N2-N3) (Sumarso & Ismoyowati, 1975; van Gorsel et al., 1987).
            2.         Formasi Semilir
      Secara umum Formasi ini tersusun oleh batupasir dan batulanau yang bersifat tufan, ringan, kadang-kadang dijumpai selaan breksi vulkanik. Fragmen yang membentuk breksi maupun batupasir pada umumnya berupa fragmen batuapung yang bersifat asam. Di lapangan pada umumnya menunjukkan perlapisan yang baik, struktur-struktur yang mencirikan turbidit banyak dijumpai. Langkanya kandungan fosil pada formasi ini menunjukkan bahwa pengendapanyya berlangsung secara cepat atau pengendapan tersebut terjadi pada lingkungan yang sangat dalam, berada di bawah ambang kompensasi karbonat (CCD), sehingga fosil gampingan sudah mengalami korosi sebelum dapat mencapai dasar pengendapan. Umur dari Formasi ini diduga adalah awal dari Miosen (N4) berdasar atas terdapatnya Globigerinoides primordius pada bagian yang bersifat lempungan dari formasi ini di dekat Piyungan (van Gorsel, 1987). Formasi Semilir ini menumpang secara selaras di atas Anggota Butak dari Formasi Kebo-Butak. Tersingkap secara baik di wilayah tipenya yaitu di tebing gawir baturagung di bawah puncak Semilir.

            3.         Formasi Nglanggran
      Berbeda dengan formasi yang sebelumnya, formasi Nglanggran ini tercirikan oleh penyusun utama berupa breksi dengan penyusun material vulkanik, tidak menunjukkan perlapisan yang baik dengan ketebalan yang cukup besar. Bagian yang terkasar dari breksinya hampir seluruhnya tersusun oleh bongkah-bongkah lava andesit dan juga bom andesit. Diantara masa breksi tersebut ditemukan sisipan lava yang sebagian besar telah mengalami breksiasi.
      Formasi ini ditafsirkan sebagai hasil pengendapan aliran rombakan yang berasal dari gunung api bawah laut, dalam lingkungan laut dan proses pengendapan berjalan cepat, yaitu hanya selama awal Miosen (N4).
      Singkapan utama dari Formasi ini ada di gunung Nglanggranpada perbukitan Baturagung. Kontaknya dengan Formasi Semilir di bawahnya berupa kontak tajam. Hal ini berakibat bahwa formasi Nglanggran sering dianggap tidak selaras di atas Semilir, namun harus diperhatikan bahwa kontak tajam tersebut dapat terjadi akibat berubahnya mekanisme pengendapan akibat gayaberat. Van Gorsel (1987) menganggap bahwa pengandapan Nglanggran ini dapat diibaratkan sebagai proses runtunhnya gunungapi semacam Krakatau yang berada di lingkungan laut.
      Ke arah atas yaitu ke arah Formasi Sambipitu, Formasi Nglanggran berubah secara bergradasi, seperti yang terlihat di singkapan di Sungai Putat. Lokasi yang diamati untuk EGR tahun 2002 berada pada sisi lain sungai Putat, dimana kontak kedua formasi ini ditunjukkan oleh kontak struktural.

            4.         Formasi Sambipitu
      Di atas Formasi Nglanggran terdapat formasi batuan yang menunjukkan ciri-ciri terbidit, yaitu Formasi Sambipitu. Formasi ini tersusun terutama oleh batupasir yang bergradasi menjadi batulanau atau batulempung. Di bagian bawah, batupasirnyamasih menunjukkan sifat vulkanik sedang ke atas sifat vulkanik ini berubah menjadi batupair yang bersifat gampingan. Pada batupasir gampingan ini sering dijumpai fragmen dari koral dan forminifera besar yang berasal dari lingkungan terumbu laut dangkal, yang terseret masuk ke dalam lingkungan yang lebih dalam akibat pengaruh arus turbid.
      Ke arah atas, Formasi Sambipitu berubah secara gradasional menjadi Formasi Wonosari (Anggota Oyo) seperti yang terlihat pada singkapan pada sungai Widoro di dekat Bunder. Formasi Sambipitu terbentuk selama jaman Miosen, yaitu antara N4-N8 (Kadar, 1986) atau NN2-NN5 (Kadar, 1990).



            5.         Formasi Oyo-Wonosari
      Selaras di atas formasi Sambipitu terdapat Formasi Oyo-Wonosari. Formasi ini terdiri terutama dari batugamping dan napal. Penyebarannya meluas hampir setengah bagian selatan dari Pegunungan Selatan memanjang ke arah timur, membelok ke arah utara di sebelah timur perbukitan Panggung hingga mencapai bagian barat dari daearh depresi Wonogiri-Baturetno.
      Bagian terbawah dari Formasi Oyo-Wonosari terutama terdiri dari batugamping berlapis yang menunjukkan gejala turbidit karbonat yang diendapkan pada kondisi laut yang lebih dalam, seperti yang terlihat pada singkapan pada daerah dekat muara sungai batugamping berlapis, menunjukkan gradasi butir dan pada bagian yang halus banyak dijumpai fosil jejak tipe burrow  yang terdapat pada bidang permukaan perlapisan  ataupun memotong sejajar dengan perlapisan. Batugamping kelompok ini disebut sebagai Anggota Oyo dari Formasi Wonosari (Bothe, 1929) atau Formasi Oyo (Rahardjo dkk, 1977 dalam Toha dkk,1994).
      Ke arah lebih muda, Anggota Oyo ini bergradasi menjadio dua Fasies yang berbeda. Di daerah Wonosari, batugamping ini makin ke arah selatan semakin berubah menjadi batugamping terumbu yang berupa rudstone, framestone, dan floatstone, bersifat lebih keras dan dinamakan sebagai Anggota Wonosari dari Formasi Oyo-Wonosari (Bothe, 1929) atau Formasi Wonosari (Rahardjo dkk, 1977 dalam Toha dkk, 1994). Sedangkan di baratdaya kota Wonosari, batugamping terumbu ini berubah fasies menjadi batugamping berlapis yang bergradasi menjadi napal, dan disebut sebagai Anggota Kepek dari Formasi Wonosari. Anggota Kepek ini juga tersingkap di bagian timur, yaitu di daerah depresi Wonogiri-Baturetno, di bawah endapan Kuarter seperti yang terdapat di daerah Erokomo. Secara keseluruhan, Formasi Wonosari ini terbentuk selama Miosen Akhir (N9-N18).

            6.         Endapan Kuarter
            Di atas seri batuan sedimen Tersier seperti tersebut di depan terdapat suatu kelompok sedimen yang sudah agak mengeras sehingga masih lepas. Karena kelompok sedimen ini berada di atas bidang erosi, serta proises pembentukannya masih berlanjut hingg saat ini, maka secara keseluruhan sedimen ini disebut sebagai Endapan Kuarter. Penyebarannya meluas mulai dari daerah timurlaut Wonosari hingga daerah depresi Wonogiri-Baturetno. Singkapan yang baik dari endapan kuarter ini terdapat di daerah Erokomo sekitar waduk Gadjah Mungkur, namun pada EGR ini tidak dilewati.
            Secara stratigrafis endapan kuarter di daearh Eropkromo, Wonogriri terletak tidak selaras di atas sedimen Tersier yang berupa batugamping berlapis dari Formasi Wonosari atau breksi polimik dari formasi Nglanggran. Ketebalan tersingkap dari endapan Kuarter tersebut berkisar dari 10 meter hingga 14 meter. Umur endapan Kuarter tersebut diperkirakan Plistosen Bawah.
            Stratigrafi endapan kuarter di daerah Erokomo, Wonogiri secara vertikal tersusun dari perulangan antara tuf halus putih kekuningan dengan perulangan gradasi batuipasir kasar ke batupasir sedang dengan lensa-lensa konglomerat. Batupasir tersebut berstruktur silangsiur tipe palung, sedangkan lapisan tuf terdapat di bagian bawah tengah dan atas. Pada saat lapisan tuf terbentuk, terjadi juga aktivitas sungai yang menghasilkan konglomerat.

II.2.2    Stratigrafi Pegunungan Selatan bagian timur
      Secara umum stratigrafi Pegunungan Selatan bagian timur tersusun oleh 5 formasi (Sartono, 1958), masing-masing dari tua ke muda adalah:
  1. Formasi Besole
  2. Formasi Jaten
  3. Formasi Wuni
  4. Formasi Nampol
  5. Formasi Punung
1.   Formasi Besole
                  Formasi Besole terdiri dari batuan beku, yang berupavariasi dari tonalit, dasit, andesit dan tuf dasit. Penyebarannya cukup luas dan hampir meliputi Pegunungan Selatan Jawa Timur secara kieseluruhan. Formasi Besole dengan Formasi Andesit Tua di Kulonprogo menunjukkan umur yang sama yaitu Oligosen. Sedangkan padananya untuk Pegunungan Selatan bagian barat adalah Formasi Kebo-Butak. Formasi Besole ini terletak tidak selaras di bawah Formasi Jaten.

  1. Formasi Jaten
                  Formasi ini mempunyai wilayah tipe di kali Jaten, Kabupaten Pacitan. Bagian bawah dari formasi ini terdiri dari pasir kuarsa berbutir kasarm lapisan-lapisan tipis lignit, petrified wood dan gravel. Bagian tengah terdiri dari batu lanau berselang-seling dengan lempung hitam, lapisan lignit dan endapan gravel. Bagian atas tersusun oleh lempung hitam mengandung gastropoda, pelecypoda, fragmen koral dan bryozoa. Umur Formasi ini adalah Oligisen-Miosen. Ketebalan di Punung antara 25-150 meter, yang diendapkan secara tidak selaras di atas Formasi Besole. Secara umur, Formasi ini sepadan dengan Formasi Semilir di Pegunungan Selatan bagian barat.

  1. Formasi Wuni
                  Wilayah tipe formasi inbi ada di Sungai Wuni, anak Sungai Baksoka. Penyusunannya terdiri dari breksi agglomerat berselingan dengan batupasir tufaan berbutir kasar dan batulanau, terdapat batugamping terumbu koral pada bagian atas. Umur berdasarkan fauna koral adalah Miosen Bawah. Menurut tim Lemigas Formasi Wuni ini berumur N9-N12 (Miosen Tengah) didasarkan atas ditemukannya Globorotalia siakinesis. Globigerinoides tribolus dan Globorotalia praebuloides. Ketebalan Formasi Wuni di daerah Punung berkisar 150-200 meter.Terletak selaras di atas Formasi Jaten dan selaras pula di bawah Formasi nampol. Kesebandingan umur Formasi Wuni ini adalah setara dengan Formasi Nglanggran.

  1. Formasi Nampol
                  Formasi ini mempunyai wilayah tipe di Sungai nampol, tersusun oleh agglomerat, konglomerat, batupasir, batulanau, batulempung, tufa dan lignit. Terdapat fosil Elphidium craticulacum, Rotalia beccari dan Moluska yang secara keseluruhan merupakan penciri laut yang sangat dangkal. Berumur Miosen bagian atas. Di daerah Punung Formasi ini mempunyai ketebalan 58-60 meter. Terletak selaras di atas Formasi Wunu. Formasi Nampol ini mempunyai umur sepadan dengan Formasi Sambipitu.

  1. Formasi Punung
                  Formasi yang secara umum terdiri dari batugamping ini mempunyai wilayah tipe di daerah Kecamatan punung, Kabupaten Pacitan. Sebagai suatu kesatuan, formasi ini menunjukkan 2 fasies, yaitu fasies batugamping dan fasies klastik. Fasies batugampingnya meliputi terumbu koral, batugamping nepalan, batugamping tufaan, batugamping berlapis dan konglomerat batugamping. Fasies klastiknya terdiri atas batupasir tufaan. Terdapat fosil koral, pelecypoda, gastropoda, algae, foraminifera dan echinoidea. Berumur Miosen Tengah bagian bawah. Di daerah Punung Formasi ini mempunyai ketebalan antara 200-300 meter. Kedudukan stratigrafinya adalah tidak selaras dengan formasi lain yang lebih tua. Formasi Punung ini sepadan dengan Formasi Wonosari.

II.3    Struktur Geologi Regional
            Struktur daerah ini memiliki arah poros lipatan lebih kurang timurlaut – baratdaya. Disamping perlipatan terdapat juga persesaran, berdasarkan data geofisika terdapat sesar dengan arah timurlaut baratdaya melalui tepi timur Terban–Bantul (Untung, dkk, 1977). Berdasarkan data di atas juga data di lapangan dapat disimpulkan, bahwa lembar Yogyakarta terdapat dua sistem sesar. Sistem patahan dengan arah kurang lebih tenggara baratlaut. Pada awal Pleistocen, seluruh daerah terangkat lagi yang mengakibatkan pembentukan morfologi daerah dataran tinggi, dan mengakibatkan terjadinya persesaran daerah ini ( Raharjo, dkk, 1977).

2 komentar:

  1. saya ingi tanya kesebandingan antar formasi ini berdasarkan apa?
    adakah penelitian terdahulu dalam pembuktian kesembandingan formasi yang anda jabarkan?
    dan saya mohon lampiran referensi dari tulisan anda.

    terimakasih

    BalasHapus